Bioprinting Menjelaskan (Sederhana!)

April 29, 2019 Uncategorized 0

Bioprinting adalah proses pembuatan aditif yang mirip dengan pencetakan 3D – menggunakan file digital sebagai cetak biru untuk mencetak objek lapis demi lapis. Tetapi tidak seperti pencetakan 3D, bioprinter mencetak dengan sel dan biomaterial, menciptakan struktur seperti organ yang memungkinkan sel hidup berkembang biak. Bioprinting adalah teknologi yang cukup baru, dan memiliki potensi besar untuk menguntungkan industri seperti obat-obatan dan kosmetik.

Ada tiga langkah dasar untuk proses bioprinting :

  1. Pra- bioprinting .Ini melibatkan pembuatan file digital untuk dibaca oleh printer. Saat ini, file-file ini sering didasarkan pada CT scan dan MRI. Para peneliti menyiapkan sel dan mencampurnya dengan bioink mereka , menggunakan sistem pencitraan sel hidup untuk memastikan ada cukup sel untuk mencetak model jaringan dengan sukses.

2.Bioprinting . Para peneliti memuat bioink yang sarat sel ke dalam kartrid dan memilih satu atau beberapa printhead , tergantung pada struktur yang mereka coba bangun. Mengembangkan berbagai jenis jaringan memerlukan para peneliti untuk menggunakan berbagai jenis sel, bioink , dan peralatan.

3.Post -bioprinting . Sebagian besar struktur dihubungkan secara silang menjadi sepenuhnya stabil. Pengikatan silang biasanya dilakukan dengan memperlakukan konstruk dengan larutan ionik atau sinar UV – komposisi konstruk membantu peneliti menentukan jenis pengikatan silang apa yang akan digunakan. Kemudian konstruksi berisi sel ditempatkan di dalam inkubator untuk penanaman.

Apa aplikasi dari bioprinting ?

Teknologi bioprinting saat ini masih baru bagi banyak peneliti. Ketika para ilmuwan di lapangan terus membuat penemuan,bioprinting dapat memiliki dampak besar pada berbagai bidang aplikasi.

  • Pengembangan obat.Banyak penelitian hari ini mengandalkan mata pelajaran yang hidup – metode yang tidak nyaman dan mahal untuk organisasi akademik dan komersial.Jaringan bioprinted dapat digunakan sebagai gantinya selama tahap awal, memberikan solusi yang lebih etis dan hemat biaya. Menggunakan jaringan bioprintined dapat membantu peneliti menentukan kemanjuran kandidat obat lebih cepat, memungkinkan mereka untuk menghemat uang dan waktu.
  • Organ buatan.Daftar donasi organ sangat panjang sehingga pasien menunggu bertahun-tahun sebelum mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan.Mampu mencetak organ bioprint dapat membantu dokter mengikuti pasien atau menghilangkan daftar seluruhnya. Sementara solusi ini jauh di depan, itu adalah salah satu kemungkinan yang paling berdampak di lapangan.
  • Penyembuhan luka.Banyak bioink spesifik jaringan yang tersedia saat ini, memungkinkan para peneliti untuk bekerja dengan sel kulit buatan, neuron, hepatosit dan banyak lagi. Suatu hari, dokter dapat menggunakan model ini untuk prosedur terapi seperti cangkok kulit, perban tulang untuk luka perang atau bahkan operasi plastik.

 

Ini masih bidang yang baru dan sedang muncul – bioprinting ditemukan pada tahun 2003, dan kami telah menempuh perjalanan panjang dalam waktu singkat! Karena semakin banyak peneliti mendapatkan akses ke teknologi bioprinting terbaru , inovasi hanya akan dipercepat. Satu hal yang pasti: kita tidak sabar untuk melihat apa yang ditemukan kolaborator CELLINK hanya dalam waktu beberapa tahun!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.