Bocah 3 Tahun Mendapat Lengan Prostetik Dari Hasil Cetak Printer 3D

January 22, 2019 News 0

Robert Noyes, seorang anak berusia 3 tahun dari Utah, dilahirkan cacat pada  lengan kirinya. Seorang sahabat dari  keluarga Robert Noyes  menciptakan prostetik  menggunakan printer 3D – dan mengubah hidupnya menjadi lebih baik.

Seorang bocah Utah sangat gembira setelah menerima lengan palsu buatan printer 3D yang dibuat untuknya .

Robert Noyes yang berusia 3 tahun dilahirkan cacat pada lengan kirinya. “ Seorang prostetik tradisional bisa berharga lebih dari $ 12.000, bahkan setelah asuransi”, kata ibu bocah itu, Brandi Noyes, kepada Deseret News.

Lebih buruk lagi, karena anak-anak tumbuh dengan cepat, lengan palsu menjadi tidak nyaman dan perlu diganti - yang semuanya membutuhkan waktu.

Jadi ibu Robert mencoba untuk melihat apakah ada pilihan yang lebih baik untuk putranya. Dia menemukan ide pencetakan 3D prostetik, yang tidak hanya lebih murah, tetapi juga bisa dibuat lebih cepat.

Akhirnya dia mendatangi  Ray Buckland, yang memiliki printer 3D.

Perlahan tapi pasti, pencetakan 3D benar-benar mengubah ketersediaan dan keterjangkauan suku cadang palsu. Karena Ivan Owen memproduksi tangan mekanis 3D pada tahun 2011 dan membuat file menjadi open source.

Komunitas e-NABLE, sekelompok relawan dari seluruh dunia yang menggunakan pencetakan 3D untuk membuat tangan dan lengan palsu bagi mereka yang membutuhkan, semua berawal  dari inovasi Owen.

Mencetak Prostetik untuk Robert 3 Tahun menggunakan 3D Printer

Meskipun Buckland sangat ingin membantu sejak awal, ia tidak memiliki pengalaman mencetak prostetik sebelumnya. Dia telah menggunakan printer 3D-nya sejauh ini untuk membuat barang-barang rumah tangga kecil seperti sendok es krim dan spatula.

Membuat prostetik adalah masalah lain. Tetapi Buckland menerima tantangan dan mulai meneliti dan mempraktikkan desain pencetakan.

Pada akhirnya, ia membutuhkan 80 jam pencetakan untuk menyempurnakan prostetik. dan mereka sangat bersyukur dan gembira dengan hasilnya. dengan biaya yang relative rendah

Noyes menjelaskan bahwa putranya tidak berhenti tersenyum sejak dia memakai prostetik. "Dia ingin dunia tahu bahwa dia punya dua tangan," katanya. “Hal pertama yang dia inginkan ketika bangun di pagi hari adalah lengannya. Dan dia kecewa ketika saya harus melepasnya di malam hari.

Tidak hanya prostetik ini membawa senyum ke wajah Robert, tetapi juga ke Buckland. Keduanya telah menjadi teman baik dan Robert sekarang memanggil Buckland "Papa Ray".

"Saya telah melihat anak laki-laki itu melihat wajahnya ketika dia mendapatkan ini, dan saya mengatakan tentang itu semuanya." Kata buckland.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *