Metode Kalibrasi 9-Titik UP Box 3D Printer

May 28, 2020 Metode Kalibrasi 9-Titik UP Box 3D Printer 0

Nine-point calibration (Kalibrasi sembilan titik) – umumnya dikenal sebagai software-assisted manual calibration (kalibrasi manual berbantuan perangkat lunak) – bertujuan untuk membantu Anda dalam mengkalibrasi printer untuk kinerja optimal melalui penyesuaian perangkat lunak. Tujuannya adalah untuk menghasilkan kualitas cetak sebaik mungkin dan memungkinkan pelepasan support dan raft structures (struktur rakit) dengan mudah. Dari tiga metode kalibrasi yang mungkin, kalibrasi manual memberikan hasil yang paling efektif. Karena sembilan titiknya menutupi seluruh area build plate (pelat bangun), model ini cenderung dicetak dengan sempurna. Tiertime merekomendasikan pengguna untuk melakukan rutin kalibrasi sembilan poin sebelum pekerjaan cetak pertama printer dan setiap kali printer dipindahkan ke lokasi baru.

Anda akan memerlukan kartu kalibrasi yang dilengkapi dengan beberapa printer Tiertime atau selembar kertas standar, yang tebalnya kira-kira sama. Anda akan menggunakan kartu atau kertas untuk menilai apakah nozzle terlalu dekat atau terlalu jauh dari permukaan build. Selama operasi ini, disarankan agar printer berada di dekat komputer yang menjalankan perangkat lunak Tiertime karena Anda akan berpindah-pindah antara melihat perangkat lunak dan melihat nozzle printer.

Buka perangkat lunak pada PC atau laptop Anda dan inisialisasi printer. Klik Kalibrasi pada menu sidebar kiri, lalu pilih Manual di jendela Kalibrasi, ditunjukkan pada gambar 1 dan 2 di bawah ini.

FIGURE 1. CALIBRATION

FIGURE 2. MANUAL CALIBRATION

Mengklik tombol Manual akan menaikkan pelat pelat printer ke posisi awal, ketinggian default. Nilai ketinggian akan muncul di jendela Kalibrasi Manual, ditunjukkan pada Gambar 2 sebagai 115 untuk demonstrasi ini. Ketinggian standar bervariasi untuk berbagai model printer. UP BOX / UP BOX + adalah 195, UP mini / UP mini 2 adalah 115 dan UP Plus / UP Plus 2 adalah 125.

FIGURE 3. POINT

Tempatkan kartu atau kertas kalibrasi di antara nozzle dan sudut kiri belakang pelat build, merupakan yang pertama dari sembilan titik untuk diukur. Gunakan Panah Atas untuk menaikkan build plat sampai Anda merasakan hambatan menggerakkan kartu ke depan dan ke belakang. Seharusnya tidak sulit untuk memindahkan kartu atau kertas, tetapi harus ada sedikit tarik dari nosel yang menekan kartu atau kertas ke permukaan kertas. Angka yang direfleksikan oleh penyesuaian Anda adalah ketinggian ideal untuk titik itu. Klik Panah Kanan untuk memindahkan nosel printer ke titik berikutnya dan sesuaikan ketinggian titik itu menggunakan metode yang sama sampai Anda menyelesaikan proses untuk semua sembilan poin.

FIGURE 4. FINISHED ALL NINE POINTS

FIGURE 5. CLICK CONFIRM

Klik Konfirmasi untuk menyimpan ketinggian semua sembilan poin. Perangkat lunak ini akan menetapkan ketinggian terendah dari sembilan titik sebagai ketinggian nosel printer. Klik Konfirmasi untuk menyimpan ketinggian nozzle.

Proses kalibrasi manual selesai dan Anda siap untuk mencetak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.