Mencetak Mainan Pesawat dan Berbagai Macam Benda dengan 3D Printer

January 28, 2019 Mencetak Mainan Pesawat dan Berbagai Macam Benda dengan 3D Printer 0

Dunia teknologi menghadirkan beragam inovasi yang menarik untuk dicoba. Salah satunya adalah teknik mencetak 3D pada benda koleksi. Melalui acara 3D Printing SpecialAviation di @america 31 Juli lalu, diperkenalkan sebuah mesin yang didukung kecanggihan teknologi tinggi untuk mencetak berbagai macam benda dalam wujud 3D. Ternyata Airbus yang dibuat di Eropa sudah mulai memanfaatkan teknik cetak 3D untuk hal seperti pembuatan pesawat. Selain itu, mesin 3D tersebut juga bisa menghasilkan bentuk lain seperti patung karakter kesukaan hingga wajah diri.

Variasi Benda 3D Bermacam Bentuk

Sebelumnya, penggunaan mesin 3D Printer ini lebih sering digunakan di bidang industri. Namun, saat ini penggunaannya sudah lebih komersil dan bisa dipakai banyak pihak. Khususnya pada acara di @america ini, mesin 3D tersebut digunakan untuk menciptakan model pesawat seperti aslinya. Pembuatannya memang membutuhkan perhitungan yang disesuaikan dengan rasio pesawat yang akan tercetak. Metode ini berlaku juga untuk menghasilkan bentuk lainnya.

Pertama tentu perlu membuat sebuah desain dibantu beragam aplikasi seperti Autocat atau 3D Max atau aplikasi 3D lainnya. Setelah terbentuk, pengguna diharuskan menentukan skala sebagai ukuran benda yang nantinya akan tercetak. Kemudian, cetak desain yang dibuat dibantu aplikasi pada laptop . Pada acara ini, mesin yang digunakan adalah Mesin 3D Printer FDM Seperti Up Box  dan  UP 300 untuk mencetak benda 3D. Namun, bisa juga menghasilkan bentuk desain 3D dengan mesin yang lebih kecil seperti mesin 3D Printer UP Mini

Kemudian, pilih bahan terdiri dari ABS yang berupa plastik atau PLA yang terbuat dari jagung dan ramah lingkungan. Lalu mesin akan mencetak desain yang diinginkan. Perlu diingat bahwa semakin tipis dari ketebalan benda yang dicetak, maka detail akan semakin terlihat dan rapi. Untuk beberapa bentuk seperti pesawat ini, memerlukan pencetakan hingga 2 kali karena ukuran lebih kompleks. Setelah dicetak, dua atau lebih bagian yang dicetak dapat disambungkan hingga membentuk pesawat sesuai desain.

Hasil Cetak 3D yang Bermanfaat

Beragam bentuk yang dihasilkan dengan desain 3D tentunya memberi manfaat tersendiri. Teknologi ini adalah sebuah terobosan penting yang akan berguna di bidang penerbangan karena dapat mengurangi bobot pesawat, sekaligus dapat mendisain ulang dari bentuk pesawat tersebut. Selain itu, konstruksi pesawat juga bisa dilakukan secara keseluruhan.

Menurut Dudi Sudibyo, Jurnalis Angkasa Aerospace Magazine, pembuatan pesawat di masa depan akan memanfaatkan teknik cetak 3D. Penggunaan teknik ini dapat mempersingkat pembuatan pesawat menjadi lebih cepat selesai. Konstruksi pesawat pun bisa lebih detail pada setiap komponennya.

Hal ini juga berlaku untuk desain 3D dalam bentuk lain seperti membuat patung karakter kesukaan, drone, bahkan miniatur tubuh sendiri. Meski rasio benda yang dihasilkan lebih kecil, namun bisa menjadi barang koleksi yang dapat dibuat sendiri. Bahkan, dapat membentuk sebuah robot berbahan ringan namun memiliki bentuk yang unik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *